Obat Jerawat, Penyebab, Pengobatan dan Cara Menghilangkan

Obat Jerawat, Memang masalah yang satu ini sungguh banyak sekali di alami kalangan wanita dan pria, Dan masalah jerawat terkadang menjadi suatu kendala yang cukup besar dalam hal percaya diri seseorang yang mengalami masalah jerawat. Namun dengan semakin majunya teknologi kesehatan kecantikan kulit para penderita penyakit PD ini tidak perlu merasa khawatir lagi. Sebab mau cara tradisional maupun modern bisa menjadi sebuah alternatif dalam penyembuhan dan menghilangkan noda jerawat yang membekas di wajah.

Obat Jerawat, Penyebab, Pengobatan dan Cara Menghilangkan

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang cara menghilangkan jerawat ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apakah jerawat itu:

Jerawat merupakan suatu kondisi di mana pori-pori kulit mengalami penyumbatan dan akhirnya menimbulkan kantung yang berisi nanah dan meradang. Jerawat merupakan suatuh penyakit pada kulit yang dialami sebagian besar kalangan remaja dan penderitanya semakin meningkat. Seorang peneliti yang bernama Kligmann berpendapat, “Tidak seorang pun manusia di dunia ini se-masa hidupnya tidak pernah mengalami yang namanya jerawat pada kulitnya. Kemungkinan penyebab utama jerawat adalah disebabkan adanya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Selain itu perubahan hormonal yang menjadi pemicu masalah jerawat yaitu menstruasi, masa kehamilan, penggunaan pil KB dan timbulnya stres.

Berikut Ini Beberapa sebab Mengapa Jerawat Timbul:

* Produksi minyak berlebihan:
Timbulnya jerawat bukan hanya karena masalah kurang besihnya muka seseorang. Berlebihannya produksi kelenjar minyak pada tubuh bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat. Sebab dengan banyaknya produksi minyak akan menyebabkan tersumbatnya saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Nah masalah kelebihan minyak ini menjadi masalah yang sering kali dialami para penderita jerawat.

* Sel-sel kulit mati:
Pada umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak sebab sering kali diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih dan pada akhirnya bercampur dengan sel-sel kulit mati. Pada saat terjadinya pencampuran inilah akan memicu timbulnya masalah jerawat. Campuran tersebut membentuk penyumbatan yang akan berbintik hitam atau putih. Jerawat bukan hanya menyerang bagian wajah saja, namun pada anggota tubuh lainnya dapat terkena masalah jerawat, seperti pada punggung, dada, dan leher.

* Penggunaan kosmetik:
Selain masalah diatas, terjadinya jerawat terkadang di sebabkan adanya penggunaan kosmetik yang kurang bersih pada saat membersihkannya. Bekas foundation yang terdapat pada bedak dapat menyebabkan sisa-sisa bedak yang masih menempel diwajah menyumbat pori-pori yang berakhir dengan jerawat.

* Obat-obatan:
Para pengguna obat kortikosteroid, baik obat oral (obat yang minum) maupun obat topical (obat yang di oles) yang memberikan efek samping turunnya daya tahan tubuh juga dapat meningkatkan besarnya potensi untuk timbulnya masalah jerawat, sebab adanya aktivitas bakteri patogen pada wajah akan meningkat dengan turunnya imun pada tubuh kita.

* Telepon Genggam:
Masalah satu ini bisa jadi sering kali diabaikan para penggunanya, Sebab para permukaan Hp bisa jadi tempat bersarangnnya bakteri penyebab jerawat. Untuk mencegahnya timbulnya masalah jerawat yang disebabkan karena telpon genggam wajib untuk anda bersihkan permukaan telepon dengan rutin menggunakan cairan alkohol, dan kalau bisa setiap kali menelpon jangan menempelkan permukaan telpon dengan wajah anda.

* Terjadinya Stres:
Pada masalah terakhir ini bukan menjadi salah satu penyebab jerawat yang berdampak langsung, Namun dengan terjadinya stres, tubuh akan memproduksi beberapa hormon tertentu yang berakhir timbulnya jerawat. Bukan banyak itu saja, stres dapat membuat seseorang mempunyai pola makan yang semakin banyak mengkonsumsi makanan yang manis serta berlemak, sebagai “pelarian” ketika stres melanda.

Beberapa Jenis Jerawat Yang Sering Dialami:

* Komedo: Komedo adalah penyumbatan pada pori-pori kulit, biasanya terdapat disekitar daerah hidung. Penyumbatan tersebut bias berupa penyumbatan terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka atau biasa disebut dengan kata blackhead, merupakan penyumbatan yang menyebabkan pori-pori terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup atau biasa disebut dengan kata whitehead merupakan kulit yang tumbuh di atas pori-pori sehingga menyebabkan sumbatan yang berbentuk sepeti tonjolan putih kecil. Penyebab komedo biasanya diakibatkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi minyak oleh kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

* Jerawat Biasa: Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, bisa memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

* Jerawat Batu: Jerawat batu adalah bentuk paling parah dari acne vulgaris. Jerawat jenis ini sering berkembang pada wajah dan/atau area lain dari tubuh. Jerawat batu atau secara ilmiah disebut cystic acne, memiliki tekstur seperti benjolan yang berisi cairan di bawah permukaan kulit. Jerawat ini bisa sangat menyakitkan dan bahkan menyisakan bekas luka yang dalam.

Dua Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Paling Ampuh:

1. Menghilangkan Jerawat Dari Dalam Langsung Keakarnya
* Minum Air Putih Yang Banyak Air putih membantu menjaga metabolisme tubuh dan yang terpenting membantu proses regenerasi sel kulit. Dengan meminum lebih banyak air putih, akan membersihkan kotoran dalam tubuh yang bisa menyebabkan jerawat. Air putih sangat baik untuk kulit dan kesehatan tubuh.
*Makan Buah dan Sayuran Buah-buahan maupun sayuran akan membantu tubuh melarutkan lemak jahat pada tubuh. Sehingga kadar minyak berlebih yang dihasilkan tubuh pun berkurang, tentu saja minyak pada kulit pun berkurang.
*Jauhi Makanan Yang Berlemak Makanan yang mengandung banyak lemak jika dikonsumsi berlebihan akan menjadikanntubuh memproduksi minyak berlebih. Hal tersebut juga berdampak pada kulit, minyak berlebih pada kulit akan menyumbat pori-pori kulit yang akhirnya membentuk gumpalan dan mengundang bakteri Propionibacterium Acnes, bakteri penyebab jerawat.

 

2. Cara Menghilangkan Jerawat Dari Luar
*Menggunakan Lidah Buaya Potong beberapa bagian lidah buaya yang telah dibuang kulit bagian luarnya. Oleskan cairan lidah buaya tersebut secara rutin pagi dan sore. Jika anda rutin maka jerawat akan mudah kering bahkan juga bisa membersihkan bekas jerawat.
*Menggunakan Madu Sudah menjadi rahasia umum cairan dengan begitu banyak manfaat ini juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Berbagai penelitian membuktikan bahwa madu terbukti berkhasiat menyembuhkan beragam penyakit dan juga mampu membasmi berjerawat. Cara menggunakanyan sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan madu pada kulit yang berjerawat. Lakukan hal tersebut dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air putih hingga bersih.
*Menggunakan Bawang Putih Bawang putih memang memiliki banyak sekali manfaat, bagaimana agar bawang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat? Mudah sekali Haluskan 2 atau 3 bawang putih dan tumbuk secara halus atau diblender. Oleskan pada kulit wajah dan jerawat dan diamkan kurang lebih 10 Menit dan bersihkan dengan air putih. Lakukan secara rutin kurang lebih 2-3 minggu.
*Menggunakan Pepaya Kandungan vitamin pada buah pepaya sangat baik untuk kulit. Namun masih jarang yang memanfaatkan untuk mengobati jerawat dikarenakan aromanya. Caranya cukup mudah, blender pepaya sesuai kebutuhan, kemudian oleskan pepaya hasil blender tadi pada wajah selama 20 menit selanjutnya bersihkan dengan air.
*Menggunakan Tomat Tomat ternyata selain bisa bermanfaat untuk menghilangkan komedo, tomat juga bisa menghilangkan jerawat. Caranya sangat mudah iriskan tomat lalu oleskan atau tempelkan di wajah atau lokasi jerawat dan kemudian diamkan 15 menit – 1 jam, lakukan kurang lebih 1 bulan agar jerawat anda hilang.

 

Cara Menghilangkan Menghilangkan Jerawat dengan Laser:

Terapi Laser Untuk Pengobatan Jerawat
Kelebihan pengobatan jerawat menggunakan laser: Terapi laser ini bisa membunuh bakteria yang menyebabkan meradangnya jerawat. Selain itu, terapi ini juga bisa meningkatkan kualitas tekstur kulit bahkan menghilangkan bekas luka atau bekas jerawat.
Kekurangan pengobatan jerawat menggunakan laser: Karena merupakan pengobatan modern yang menggunakan alat canggih, tentu saja menimbulkan efek samping. Terapi ini hanya disarankan kepada para pasien yang tidak bisa menjalani pengobatan jerawat biasa karena kulit yang sensitif atau alergi dengan obat.

 

Jangan dikira jika menggunakan laser tidak berbahaya, tidak sedikit juga pasien yang mengeluhkan tidak nyaman dan kulit yang terbakar seperti terbakar matahari karena efek samping mengerikan terapi cahaya laser. Menggunakan laser adalah satu dari sekian banyak cara yang dapat kita gunakan untuk mengatasi jerawat. Masih banyak lagi cara lain yang dapat kita coba mulai dari cara alami sampai cara modern. Ada dampak positif dan dampak negatif, tergantung mau memilih mana yang terbaik untuk kesehatan kulit wajah. Jadi apakah saudara tertarik mencoba cara menghilangkan jerawat menggunakan terapi laser…?

Diatas telah dijelaskan beberapa permasalahan tentang jerawat dan juga diberikan tips Obat Herbal Jerawat dan Modern yang dapat dicoba untuk penyebuhan bagi yang menglami permasalahan seputar jerawat yang membandel, Bukan hanya wanita lho, para pria juga dapat mencoba langkah-langkah cara menghilangkan jerawat yang telah dijelaskan diatas agar mukanya semakin bersih dan bersinar di setiap waktu, Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *