Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Komando

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Komando * Pada perjumpaan ini, Camsh.com akan memberikan informasi terkait dengan penjelasan tentang apakah kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi komando. Namun sebelum itu jangan lupa untuk membaca ulasan yang telah kami rangkum sebelumnya tentang 60 manfaat internet dan tips mudah menurunkan sel darah putih.
Gambar Sistem Ekonomi Komando

Kita dapat mengidentifikasi Lima Karakteristik Sistem Ekonomi Komando sebagai berikut.

1. Pemerintah menciptakan rencana ekonomi sentral. Rencana lima tahun menetapkan tujuan ekonomi dan masyarakat untuk setiap sektor dan wilayah negara. Rencana jangka pendek mengubah tujuan menjadi sasaran yang dapat ditindaklanjuti.
2. Pemerintah mengalokasikan semua sumber daya sesuai rencana pusat. Ia mencoba menggunakan modal, tenaga kerja dan sumber daya alam negara dengan cara yang paling efisien. Ini menjanjikan kemampuan masing-masing orang untuk mencapai kapasitas tertinggi mereka. Ini berusaha untuk menghilangkan tingginya angka pengangguran.
3. Rencana pemerintah menetapkan prioritas untuk produksi semua barang dan jasa. Ini termasuk kuota dan kontrol harga. Tujuannya adalah untuk menyediakan cukup makanan, perumahan, dan dasar-dasar lainnya untuk memenuhi kebutuhan semua orang di negara ini.
4. Pemerintah memiliki bisnis monopoli di industri yang dianggap penting untuk tujuan ekonomi. Itu biasanya termasuk keuangan, utilitas, dan otomotif. Tidak ada persaingan domestik di sektor-sektor ini.
5. Pemerintah menciptakan undang-undang, peraturan, dan arahan untuk memberlakukan rencana pusat. Bisnis mengikuti rencana produksi dan merekrut target. Mereka tidak dapat menanggapi sendiri kekuatan pasar bebas. (Sumber: Bon Kristoffer G. Gabnay, Roberto M Remotin, Jr., Edgar Allan M. Uy, editor Ekonomi: Konsep & Prinsipnya. Rex Book Store: Manila.)
1. Kelebihan Sistem Ekonomi Komando
* Perekonomian yang direncanakan dapat dengan cepat memobilisasi sumber daya ekonomi dalam skala besar.
* Pemerintah bisa melaksanakan proyek besar, menciptakan kekuatan industri, dan memenuhi tujuan sosial.
* Pemerintah tidak diperlambat oleh tuntutan hukum dari individu atau pernyataan dampak lingkungan.
* Sistem Ekonomi Komando dapat sepenuhnya mengubah masyarakat agar sesuai dengan visi pemerintah.
* Pemerintahan menasionalisasi perusahaan swasta. Pemilik sebelumnya harus mendapatkan “pendidikan ulang”.
* Pekerja menerima pekerjaan baru berdasarkan penilaian pemerintah atas keahlian yang mereka miliki.

2. Kekurangan Sistem Ekonomi Komando
* Pemerintah sering mengembangkan ekonomi bayangan, atau pasar gelap.
* Mobilisasi yang cepat berarti mengurangi kebutuhan masyarakat lainnya. Misalnya, pemerintah memberi tahu pekerja pekerjaan apa yang harus mereka penuhi. Itu membuat mereka enggan bergerak. Barang yang dihasilkannya tidak selalu didasarkan pada permintaan konsumen. Tetapi warga mencari cara untuk memenuhi kebutuhan mereka.
* Pemerintah sering menghasilkan terlalu banyak dari satu hal dan tidak cukup dari hal yang lain. Sulit bagi perencana pusat untuk mendapatkan informasi terbaru tentang kebutuhan konsumen. Juga, harga ditentukan oleh pemerintah pusat. Mereka tidak lagi mengukur atau mengendalikan permintaan. Sebaliknya, penjatahan sering menjadi perlu.
* Sistem Ekonomi Komando mencegah inovasi. Mereka memberi penghargaan kepada para pemimpin bisnis untuk mengikuti arahan. Ini tidak memungkinkan untuk mengambil risiko yang diperlukan untuk membuat solusi baru.
* Kekurangan ekonomi komando selanjutnya adalah berjuang untuk menghasilkan ekspor yang tepat dengan harga pasar global. Ini merupakan tantangan bagi pemerintah pusat untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik.

Berikut adalah contoh negara yang paling terkenal dengan sistem ekonomi komando:
1. Belarus: Bekas pemerintahan Soviet ini masih menggunakan sistem ekonomi komando. Pemerintah memiliki 80 persen bisnisnya dan 75 persen banknya.
2. Cina: Setelah Perang Dunia II, Mao Tse Tung menciptakan sebuah masyarakat yang diperintah oleh Komunisme. Dia menerapkan ekonomi terencana dengan ketat. Para pemimpin saat ini sedang bergerak menuju sistem berbasis pasar. Mereka terus membuat rencana lima tahun untuk menguraikan tujuan dan sasaran ekonomi.
3. Kuba: Revolusi Fidel Castro tahun 1959 memasang Komunisme dan ekonomi terencana. Uni Soviet mensubsidi ekonomi Kuba hingga 1990. Pemerintah secara perlahan menggabungkan reformasi pasar untuk memacu pertumbuhan negara.
4. Iran: Pemerintah menguasai 60 persen ekonomi melalui bisnis milik negara. Menggunakan kontrol harga dan subsidi untuk mengatur pasar. Resesi tercipta ini, yang telah diabaikannya. Sebaliknya, ia mencurahkan sumber daya untuk memperluas kemampuan nuklirnya. PBB memberlakukan sanksi, memperburuk resesi. Perekonomian membaik setelah kesepakatan perdagangan nuklir mengakhiri sanksi pada 2015.
5. Libya: Pada tahun 1969, Muammar Gaddafi menciptakan sebuah sistem ekonomi komando yang bergantung pada pendapatan minyak. Kebanyakan orang Libia bekerja untuk pemerintah. Gaddafi telah melembagakan reformasi untuk menciptakan ekonomi berbasis pasar. Tapi pembunuhannya tahun 2011 menghentikan rencana ini.
6. Korea Utara: Setelah Perang Dunia II, Presiden Kim Il-sung menciptakan ekonomi paling terpusat di dunia. Ini menciptakan kekurangan pangan, malnutrisi dan beberapa serangan kelaparan massal. Sebagian besar sumber daya negara masuk ke dalam membangun militer.
7. Rusia: Pada tahun 1917, Vladimir Lenin menggulingkan czars. Dia menciptakan sistem ekonomi komando Komunis yang pertama. Josef Stalin membangun kekuatan militer dan segera membangun kembali ekonomi setelah Perang Dunia II. Komite Perencanaan Negara Soviet, atau “Gosplan,” telah menjadi entitas ekonomi perintah yang paling banyak dipelajari. USSR juga merupakan ekonomi komando terpanjang, yang berlangsung dari tahun 1930an hingga akhir 1980-an. Kemudian, negara mentransfer kepemilikan perusahaan terbesar kepada oligarki.

Itulah penjelasan singkat tentang Apakah Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Komando, Semoga dapat memberikan manfaat bagi kepada para pembaca setia camsh.com yang membutuhkan informasi terbaru dan terupdate. Salam

Updated: March 20, 2018 — 6:29 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home|Privacy Policy|Peta|
Copyright © 2018 Pusat Informasi CamSh.Com
Pusat Informasi
error: Content is protected !!