Cara Menurunkan Sel Darah Putih

Cara Menurunkan Sel Darah Putih * Jika sebelumnya Camsh.com telah membuat artikel kesehatan tentang penyebab Sel Darah Putih Tinggi, kini kami akan mencoba memberikan tips tentang Cara Menurunkan Sel Darah Putih yang sering kali membuat banyak orang tua cemas dan bimbang akan tingginya sel darah putih pada anak mereka.

Gambar Cara Menurunkan Sel Darah Putih

Infeksi dari berbagai macam bakteri menjadi penyebab sumsum tulang menghasilkan lebih banyak sel darah putih untuk melawan infeksi. Infeksi juga bisa menyebabkan radang, yang pada gilirannya menyebabkan jumlah sel darah putih meningkat. Stres emosional atau fisik juga bisa menyebabkan peningkatan jumlah sel darah putih. Kabar baiknya adalah bahwa kadar sel darah putih akan kembali normal setelah stres hilang.

Cara Tepat Menurunkan Sel Darah Putih Yang Tinggi Secara Alami

Jika Anda telah melakukan tes darah mungkin tidak perlu khawatir tubuh Anda benar-benar memproduksi secara masal jumlah sel darah putih Anda selama latihan! Sebenarnya, peningkatan aktivitas sel darah putih memungkinkan tubuh untuk mengidentifikasi organisme penyebab penyakit lebih cepat daripada keadaan normal. Segera setelah berolahraga, kadar sel darah putih meningkat sebanding dengan intensitas dan durasi latihan.

Satu studi menunjukkan bahwa pelari tingkat sel darah putihnya meningkat 3 kali lipat selama maraton. Jumlah sel darah putih kemudian turun ke tingkat normal setelah berolahraga, sebaiknya Anda menunggu satu hari setelah sesi latihan yang berat untuk melakukan tes darah putih.

Apa yang Anda makan juga berpengaruh pada jumlah sel darah putih. Untuk menjaga kadar darah putih tetap stabil, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, kalori, gula, dan garam tinggi (seperti makanan cepat saji). Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti vitamin C dan E, serat, kalsium, minyak ikan, lemak tak jenuh tunggal, dan rendah.

Beberapa makanan yang terbukti berpengaruh pada penurunan peradangan meliputi bawang putih, anggur, rempah-rempah dan rempah-rempah, protein kedelai, kacang-kacangan, minyak zaitun, teh hitam dan hijau, dan cuka. Usahakan untuk mengkonsumsi setidaknya enam porsi buah dan sayuran per hari, ini akan bermanfaat lebih dalam menurunkan tingkat sel darah putih Anda.

Nutrisi spesifik lainnya untuk Cara Menurunkan Sel Darah Putih meliputi:
Asam lemak omega-3 asam lemak omega-3 adalah sejenis lemak tak jenuh ganda (atau PUFA) yang diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan aktivitas fagosit, sejenis sel darah putih yang melindungi tubuh dari bakteri asing. Omega-3 PUFA banyak ditemukan pada ikan berlemak seperti ikan trout, ikan haring, dan salmon, tapi juga kenari dan biji rami. Penelitian telah menunjukkan bahwa PUFA secara signifikan menurunkan jumlah sel darah putih pada wanita dengan diet terkontrol.

Vitamin C membantu tubuh mengontrol sel darah putih, yang pada gilirannya membantu tubuh melawan infeksi. Semua buah seperti jeruk termasuk lemon dan jenis jeruk lainnya mengandung banyak vitamin C. Anda juga bisa mendapatkan vitamin C dari buah lain, seperti buah beri, pepaya, nanas dan jambu, dan sayuran, seperti wortel, brokoli, kembang kol, brussels sprout, dan paprika.

Baca Juga: Tips Cepat Hamil

Namun selain tips diatas kembali penulis mengingatkan agar secara rutin memeriksakan keadaan penderita kepada dokter spesialis yang dapat memberikan lebih banyak langkah tepat dalam mengatasi tingginya sel darah putih. Salam

Updated: February 9, 2018 — 9:39 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home|Privacy Policy|Peta|
Copyright © 2018 Pusat Informasi CamSh.Com
Pusat Informasi
error: Content is protected !!