Cara Merawat Payudara Saat Hamil

Cara Merawat Payudara Saat Hamil * Ini adalah artikel lanjutan dari tulis tentang cara agar wanita gemuk cepat hamil dan tips cepat hamil yang telah Camsh.com sajikan beberapa waktu lalu. Sebab banyak sekali faktor penting yang harus di perhatikan dalam masa-masa kehamilan, salah satunya adalah cara merawat payudara saat hamil agar asi lancar tanpa hambatan nantinya.


Foto Cara Merawat Payudara Saat Hamil

Tips Merawat Payudara Selama Kehamilan Agar ASI Lancar

Menyusui bayi tanpa menggunakan susu formula adalah salah satu cara perawatan payudara pada masa kehamilan yang dapat ibu coba supaya produksi ASI lancar nantinya. Pada dasarnya jumlah produksi ASI tergantung pada kebutuhan (suplay on demand). Jadi semakin sering bayi menyusui, maka jumlah produksi ASI pada payudara akan semakin meningkat. Jadi jika ibu menggunakan tambahan susu formula, pastinya secara otomatis bayi akan semakin berkurang menyusu. Akibatnya apabila bayi kurang menyusu pada ibu, produksi ASI perlahan akan menurun, bahkan dapat berhenti. Isapan bayi pada puting susu juga merupakan stimulator terkuat agar ASI selalu lancar berproduksi.

1. Perawatan payudara kehamilan usia 5 bulan:

Seorang ibu wajib melakukan beberapa perawatan payudara buat persiapan menyusui. Langkah sederhana ini bisa mulai Ibu kerjakan sehabis mandi, Berikut ini langkah-langkahnyaa:
* Setelah payudara bersih sehabis mandi segera oleskan dengan baby oil secara merawat pada payudara.
* Lakukan pijatan ringan sekeliling payudara menggunakan kedua tangan searah jarum jam, selanjutnya berbalik arah berlawanan dengan jarum jam.
* Lakukan pijatan mulai dari bawah menuju puting. Namun perlu di perhatikan, Ibu tak harus memijat hingga bagian puting, namun hanya ke arah menuju puting.
* Berikan ketukan ringan pada payudara dengan ruas-uras jari agar memperlancar peredaran darah seputar payudara.
* Selanjutnya bersihkan puting menggunakan kapas dan baby oil. Setelah itu, lakukan pembersihan payudara dan puting menggunakan air hangat kuku.
* Setelah selesai bilas kembali dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.
* Lakukan langkah-langkah diatas secara rutin setiap hari untuk hasil maksimal.

Banyak sekali manfaat Ibu rajin melakukan pijat payudara saat hamil lho. Selain bagus untuk kesehatan payudara, manfaat lainnya adalah mencegah stretch mark. Sebab berat badan yang bertambah diakibatkan kehamilan akan membuat payudara semakin membesar dan akan meningkatkan risiko terjadinya masalah stretch mark ini.

2. Perawatan payudara kehamilan usia 6-9 bulan:

Perawatan payudara pada usia 6-9 bulan kehamilan dilakukan untuk membersihkan puting agar dapat menghasilkan ASI yang lancar untuk buah hati. Adapun tips-tips Perawatan Payudara yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Ambil minyak kelapa dan oleskan merata ke kedua talapak tangan.
2. Usapkan telapak tangan ke Puting susu sampai area areola mamae (daerah sekitar puting yang berwarna lebih gelap) selama 2-3 menit. Gerakan ini bertujuan untuk membuat kotoran seperti kerak yg sering menempel lebih mudah dibersihkan. Ingan untuk tidak membersihkan puting susu menggunakan alkohol atau cairan pembersih yang lainnya, sebab bisa menyebabkan puting susu menjadi lecet dan timbul iritasi kulit.
4. Setelah selesai melakukan pembersihan puting selanjutnya lanjutkan melakukan pemijatan terhadap payudara dengan cara Pegang kedua puting susu lalu ditarik kedepan dan diputar searah dan berlawanan dengan jarum jam.
5. Selanjutnya pegang pangkal payudara dengan kedua tangan, lalu lakukan pengurutan lembut ke arah puting susu sebanyak 30 kali dalam sehari.
6. Pada usia kehamilan tua lakukan pemijatan kedua areola mamae sampai payudara mengeluarkan 1-2 tetes ASI setiap hari.
7. Setelah selesai semua langkah-langkah diatas bersihan kedua puting susu dan payudara menggunakan handuk kering dan bersih.
8. Usahakan selalu menggunakan Bra yang longgar tetapi dapat menopang berat dan besarnya payudara, Ingan jangan menggukan BH yang ketat karena bisa berakibat menghambat produksi ASI.

Dari beberapa langkah diatas diketahui ternyata perawatan payudara pada Ibu Hamil berbeda-beda berdasarkan usia kehamilan. Apalagi jika usia kehamilan sudah mencapai 9 bulan, Perlu melakukan perawatan extra dan kehati-hatian agar tidak terjadi hal-hal buruk nantinya seperti kelahiran prematur pada bayi.

3. Supaya Sehat dan Lancar Menyusui:

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ibu hamil sehat dan mampu menyusui bayinya:
* Bunda selalu tercukupi kebutuhan nutrisinya baik secara kuantitas maupun kualitas selama masa kehamilan.
* Bunda seharusnya tidak merokok dan menjauhi asap rokok orang lain, tidak minum alkohol dan mengurangi kopi serta minuman yang mengandung soda karena dapat mengurangi kemampuan usus menyerap kalsium dan zat besi.
* Ibu hamil sebaiknya tidur 8 jam sehari. Kegiatan dan gerakan sehari-hari harus selalu memperhatikan perubahan fisik dan mental yang terjadi. Di antara waktu kegiatan diperlukan istirahat guna melemaskan otot-otot. Bagi Bunda yang bekerja, perlu diatur agar cuti hamil dan bersalin diambil sebanyak mungkin setelah bersalin sehingga dapat menyusui bayinya selama mungkin sebelum kembali bekerja.
* Memperhatikan serta memeriksakan diri jika terdapat keluhan pada daerah gigi dan mulut karena dapat menjalar pada organ lain dan mengganggu kehamilan.
* Pemakaian obat selama hamil hanya atas petunjuk bidan atau dokter, terutama menjelang persalinan agar tidak berpengaruh terhadap proses menyusui.
* Kontrol kehamilan secar teratur ke dokter atau bidan. Manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya untuk berkonsultasi dan buat perencanaan untuk melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) segera setelah bayi lahir. Tanyakan secara detail mengenai tahapan dalam melakukan IMD untuk meningkatkan keberhasilan menyusui dan demi mendapatkan banyak manfaat dari proses IMD itu sendiri.
* Memperhatikan kebersihan diri setia saat dan selalu menggunakan pakaian longgar dan nyaman saat berada dalam rumah, yaitu yang longgar, ringan dan berbahan yang menyerap keringat.

4. Manfaat merawat Payudara saat Hamil:

* Dapat membuat kuat kondisi dari puting susu ibu hamil, jadi nantinya bayi akan mudah untuk menyusui.
* Membuat mental si calon ibu agar tidak kaget dalam menyusui si bayinya nantinya.
* Agar dapat selalu menjaga kebersihan payudara terutama puting susu, yang akan digunakan untuk keluarnya ASI.
* Dapat mengetahui secara dini jika ada kelainan dan masalah pada payudara agar cepat melakukan tindakan pengobatan secepatnya.
* Dapat merangsang pertumbuhan kelenjar-kelenjar air susu pada payudara agar Agar ASI lancar selama waktu menyusui nanti.

Salah satu faktor penting yakni berhati-hati dalam perawatan pada puting payudara. Lantas, bagaimanakah cara membersihkan puting yang benar? Karena penggunaan sabun yang berlebihan pada puting justru akan membuat puting kering. “Efeknya pelumas-pelumasnya akan kering. Di payudara ada kelenjar-kelenjar di aerola itu yang menghasilkan pelumas. Jika sering disabuni berkali-kali, malah akan membuat kering dan dapat mengakibatkan lecet saat masa-masa menyusui.

Semoga penjelasan tentang Cara Merawat Payudara Saat Hamil diatas bermanfaat bagi para ibu yang belum banyak mengetahui bagimana langkah tepat dalam merawat payudara pada masa-masa hamil. Salam sehat

Updated: December 27, 2017 — 4:27 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home|Privacy Policy|Peta|
Copyright © 2018 Pusat Informasi CamSh.Com
Pusat Informasi
error: Content is protected !!