Penyebab Lutut Sakit Saat Ditekuk Atau Diluruskan

Lutut Sakit sekarang sering kali di alami orang setiap kalangan umur, baik tua maupun muda. Karena apabila penyakit ini datang terkadang rasa yang di timbulkan sangat sakit dan mengganggu setiap aktifitas anda. Namun setiap penderita sakit lutut bisa berbeda-beda penyebab dan cara penyembuhannya. Terkadang salah satu penyebab lutut sakit adalah terkena Radang Asam Urat lho. Nah selain penyebab tersebut pada jumpa ini website Pusat Informasi Camsh.com akan mencoba memberikan info lengkap seputar Penyebab Lutut Sakit Saat Ditekuk Atau Diluruskan bagi anda semua, semoga bermanfaat.

Penyebab Lutut Sakit

Tanya Jawab Seputar Nyeri Lutut Yang Perlu Diketahui:
Tanya: Saya wanita berusia 45 tahun, tinggi badan 166 cm/berat badan 68 kg, bekerja di kantor. Sehabis olah raga hari jumat yaitu senam aerobik dan bola volley lutut kanan saya terasa sakit dan kaku apalagi kalau untuk sholat. Kalau kaki ditekuk rasanya sakit. Apa penyebabnya dan apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut? Mohon penjelasan, terimakasih atas bantuan dokter.

Jawab: Kemungkinan anda mengalami cidera pada lutut anda akibat terlalu memaksakan diri berolahraga aerobik dan volley sekaligus. anda bisa melakukan pemijatan ringan di area yang sakit dengan salep atau gel yang mengandung anti nyeri. dan bila perlu tambahkan dengan obat anti nyeri, bila gejala masih muncul dan menganggu, konsultasi saja langsung dengan dokter spesialis ortopedi untuk pengobatan lebih lanjut. semoga membantu.

Tanya: Dok, apa penyebab sakit lutut? dan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

Jawab: Nyeri sendi dapat muncul dari struktur di atau dekat dengan sendi yang terlibat atau dapat muncul dari lokasi lain. Ada beberapa proses yang dapat menyebabkan nyeri sendi sakit secara umum yaitu inflamasi (proses radang) di struktur-struktur yang berkaitan dengan sendi. Proses-proses yang berbeda itu bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit radang sendi. Gout terjadi karena penumpukan kristal seperti yang sudah disinggung sebelumnya sedangkan Rematik terjadi karena radang di lapisan membran sendi (sinovial) dan pada umumnya, adalah sebuah bentuk penyakit autoimun. Walau sama-sama bentuk dari radang sendi (arthritis), penanganan nyeri yang mirip satu sama lain tidak berarti kita dapat sembarang membeli obat. Banyak dari kenalan kita, bahkan mungkin termasuk kita sendiri, langsung menyimpulkan bahwa radang sendi karena asam urat sehingga mencoba-coba untuk membeli obat penurun asam urat. Padahal harus disadari bahwa setiap obat memiliki efek sampingnya tersendiri. Penanganan sumber masalah yang tidak tepat malah akan menyebabkan kerusakan sendi berlangsung terus menerus. Oleh karena itu, bila anda mengalami nyeri sendi, sadari bahwa setiap nyeri sendi tidak sama penyebabnya. Ada ratusan jenis radang sendi yang dapat terjadi. Periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat yaa sobat!

Tanya: Sudah lama saya merasakan nyeri di bagian persendian, lutut kanan. Awalnya itu menahan pas bonceng motor tapi berkelanjutan sampai sekarang. Kalau habis menekuk lama terus itu sakit sekali buat meluruskannya seperti orang yang sudah usia lanjut, padahal umur saya masih 23 tahun. Sempat minum glucosamin tapi baru 1 kali, pastinya sih belum terlihat efeknya, dan sudah sempat juga minum susu kalsium yang untuk usia saya, karena saya pikir kekurangan kalsium. Tapi itu juga sudah tidak saya minum lagi sekarang. Menurut Dokter saya ini kenapa, apa memang kurang kalsium, dan perlu tidak minum viostin com atau glucosamin? Soalnya nyeri sekali kalau habis menekuk lama, takutnya kenapa-napa.

Jawab: Pada sendi lutut terdapat beberapa struktur, yaitu: jaringan keras (tulang dan sendi) dan jaringan lunak/ non tulang (otot, ligament, meniscus). Keluhan yang Anda alami saat ini, bisa disebabkan oleh cedera pada salah satu atau beberapa struktur tersebut. Obat-obatan yang Anda sebutkan itu adalah suplemen. Tidak akan memberi efek terapi apabila keluhan Anda disebabkan oleh keadaan-keadaan seperti yang kami sebutkan di atas. Untuk mendiagnosis keluhan ini, selain informasi yang sudah disampaikan, kami perlu melengkapi informasi lain dari Anda, yaitu: berapa tinggi & berat badan, bagaimana posisi lutut pada saat itu, adakah riwayat cedera/ penyakit lain yang pernah/ sedang diderita saat ini, Kami juga perlu melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang terhadap lutut Anda. Pemeriksaan fisik meliputi beberapa pemeriksaan, yaitu bertujuan untuk mengetahui rentang gerak sendi dan mengevaluasi stabilitas sendi lutut Anda. Pemeriksaan penunjang terhadap sendi lutut meliputi: foto rontgen (xray) bertujuan untuk mengetahui kondisi tulang/sendi, Magnetic Resonance Imaging (MRI) bertujuan untuk mengetahui keadaan struktur jaringan lunak/ non tulang, atau bahkan arthroscopy (teropong sendi) bertujuan untuk melihat secara langsung keadaan sendi lutut Anda menggunakan kamera fiber optic dan ditransmisikan ke layar monitor. Pemeriksaan-pemeriksaan ini diperlukan untuk mengetahui penyebab (mendiagnosis) keluhan Anda sehingga dapat dilakukan perencanaan terapi yang tepat dan adekuat. Kami menyarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan advis terapi yang terbaik terhadap keluhan ini sehingga tidak akan menimbulkan problem lebih lanjut di masa yang akan datang.

Diatas adalah beberapa keluhan yang sering kali dialami para penderita lutut sakit, Untuk mencoba mengatasi masalah tersebut sendiri sebelum berkonsultasi ke dokter silakan ikuti beberapa tips berikut:

Adapun pilihan perawatan bagi penderita adalah:
– Olahraga untuk menguatkan dan menambah kelenturan sendi dan otot. Ini akan mengurangi beban pada sendi tersebut
– Pengawasan berat badan untuk mengurangi beban pada sendi yang menopang berat tubuh
– Glucosamine Sulfat 1500mg sehari
– Obat untuk mengurangi radang dan analgesik
– Suntikan mengandung pelumas ke sendi lutut
– Artroscopi untuk membuang cairan radang, kotoran dan serpihan tulang muda dari dalam sendi. Terapi pengikisan untuk merangsang tumbuhnya tulang muda
– Osteotomi untuk meluruskan kaki dan mengurangi beban pada lutut yang sakit
– Penggantian bagian lutut yang terpengaruh
– Penggantian lutut total (jika kondisi lutut sangat parah).

Alternatif Lain Pengobatan Lutut Sakit Agar Berkurang Nyerinya:
– Istirahat dari aktivitas fisik yang menyebabkan banyak tekanan pada lutut seperti jongkok-berdiri (squat), naik-turun tangga ataupun berlari. Bila Anda ingin tetap beraktivitas cobalah berenang, sepeda statis atau aktivitas lain yang lebih ringan. Bila lutut Anda sudah membaik, Anda dapat kembali ke aktivitas sebelumnya. Tetapi lakukan secara bertahap.

– Latihan yang ada di post ini dapat membantu menguatkan otot-otot dan mengurangi nyeri di lutut Anda. Tiap latihan membutuhkan waktu beberapa menit. Lakukanlah 2 kali sehari. Dokter akan menganjurkan latihan mana yang tepat untuk Anda. Dua yang pertama adalah yang terpenting, karena akan menguatkan otot paha atas bagian depan (otot quadriseps). Ini penting karena otot quadriseps lah yang mengatur pergerakan tempurung lutut Anda.

– Ganti sepatu Anda dengan sepatu yang baru atau yang lebih nyaman dipakai. Cara berjalan yang benar dan sepatu yang baik dapat membantu mengurangi nyeri lutut. Penyangga lengkungan kaki (arch support) yang dijual di toko sepatu dapat membantu dan harganya relatif terjangkau. Sebaiknya Anda menunjukkan sepatu yang dipakai sehari-hari kepada dokter.

– Kompres es lutut Anda 10-20 menit setelah beraktivitas. Ini dapat mengurangi nyeri dan mempercepat penyembuhan. Obat-obatan penghilang nyeri yang dijual bebas mungkin dapat membantu mengurangi keluhan. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan ini.

Bila nyeri lutut tidak berkurang dalam waktu 3-4 minggu periksalah ke Dokter, Karena bisa jadi sakit lutut yang anda derita bukan sakit biasa yang telah dijelaskan diatas, bisa jadi Nyeri lutut akibat pengapuran atau istilah kedokterannya Osteoartritis.

Updated: October 15, 2017 — 11:29 am

47 Comments

Add a Comment
  1. Dok, saya pernah cedera waktu main basket kira2 2 tahun yg lalu, tp sdh diurut dan mendingan rasa sakitnya. Stlah itu saya lanjut trus main, sampai skrg kaki saya bisa di tekuk/lipat sempurna, sakit. Lalu mama saya membawa saya pergi berurut, setelah 2 bln berurut kaki saya sdh mendingan, bisa di tekuk walau masih sakit. Tp stlah saya sibuk dgn sekolah, sya berhenti berurut. Skrg kaki/ lutut saya tdk bisa di tekuk/lipat tempurung lutut saya menonjol, apa solusi dr penyakit saya dok?

    1. Sebaiknya segera diperiksakan ke dokter terdekat di kota anda agar mencegah dari hal hal yang tidak di inginkan saudari Irma.

  2. Saya wanita, umur 20 thn.. tinggi 162cm, berat 55kg… belakangan ini lutut saya sering sakit donk, pdahal sya tidak melakukan aktvtas yg berat… bagaimana cara mengatasiny dok? dan apa kemungkinan penyebabnya?

    1. Banyak faktor mbak, Jika bukan karena faktor fisik bisa jadi karena salah mengkonsumsi makanan atau karena kondisi cuaca yang tidak mendukung, seperti sering terkena hawa dingin bisa menjadi salah satu penyebab sakit pada lutut.

  3. Dok, ikut tanya juga dong.
    setahun lalu saya menjalani mastektomi, kanker payudara kiri, tidak dilakukan kemo. pengobatan nya dengan obat tamoxifen, tiga bulan terahir diganti dengan femara. Sekarang saya merasakan sakit nyeri lutut dan persendian ruas2 jari tangan. Apakah itu pengaruh dari obat yang saya minum? tes kolesterol dan asam urat, normal semua. Mohon sarannya, terima kasih.

    1. Apakah hingga skr masih menggunakan obat tersebut, Jika ia mungkin efek samping dari penggunaan obat dalam jangka waktu yang lama mbak Yulia.

      1. Iya… pengobatan kanker selama 5 tahun tidak boleh berhenti. Terahir ini, kalo habis jalan jauh, atau kecapean, mulai tuh terasa nyerinya.. saya minum ibupropen, lumayan hilang sakitnya..
        Apa efek samping ibupropen jika dikonsumsi terus.

        Terima kasih, infonya

        1. Kalau bisa konsultasikan kepada dokter di kota anda mbak Yulia, sebab penggunaan ibupropen dalam jangka waktu yang lama sangat tidak baik untuk kita.

          Salam

  4. Pagi dok nama saya ines umur 22 tinggi 170cm & berat 69kg …
    Saya suka sakit & ngilu ” bagian lutut sblh kiri kl d tekuk n diluruskan ap lg kl trun tangga ..
    Tapi kadang kambuh kadang gak
    Sy ud cek darah asm urat normal cm kolestrol agak lebih dr rata” (214 dari 200 )
    Ap itu brpengaruh dari kolestrol saya?
    Ap gmn ya dok ?
    Soalnya dulu sy pnh jth dr motor & pnh lebam bagian lutut kiri & sy diemn aj
    Pnh ak urut tp ktny g da yg kseleo kt tkg urutny malah dblg bs jd asam urat krn urat sy kaku pas dipijat (itu kt tkg urutnya)
    Lalu ap ya dok ?
    Makasi dok

    1. Coba skr tingkat konsumsi makanan berkalsium tinggi seperti pisang dan jenis makanan lainnya di tingkatkan mbak, karena bisa jadi itu karena anda kekurangan kalsium..

  5. Saya mau tanya dok. saya pemain bola voli umur saya 20 tahun. akhir akhir ini memang saya jarang olahraga. dan 1 bulan terakhir lutut saya terasa nyeri saat melompat/meloncat saja. tapi buat aktivitas seperti jalan dan lari tidak terasa nyeri. apakah kurangnya pemanasan sebelum olahraga sangat berpengaruh, soalnya saya pemanasan hanya sebentar dan langsung bermain voli. mohon bantuannya dok??

    1. Selain pemanasan yang cukup, konsumsi makanan yang berkalsium tinggi wajib untuk seorang olahragawan seperti anda pak bagas…
      Semoga kedepannya sakit di lutut anda akan berangsur hilang..

  6. Dok saya umur 29 thn,berat badan 108 Kg dan tinggi 168 cm. Saya sering mengalami nyeri sendi hebat baik di pergelangan kaki kiri hingga ke lutut kanan. Saya minum obat yg dulu pernah doketr saya kasi dok. Nah sekarang saya mengalami nyeri hebat di lutut kanan. Susah ditekuk dan sakit sekali kalau diangkat sedikit aja. Kira2 apa solusi terbaik dok untuk kedepannya.
    Trims

    1. Coba secepatnya konsultasi ke dokter terdekat pak, Sebab takutnya terjadi pengapuran yang parah di lutut anda…

  7. Dok, sekitar 3 minggu lalu saya (usia 25 tahun, tinggi 158 cm, berat 51 kg) diduga terkena flu singapur (Hand Mouth Foot Disease) dengan gejala muncul bintik merah tebal di seluruh tubuh, sariawan, disertai nyeri sendi (lutut, ruas jari tangan). Tapi skrg sudah tidak ada bintik merah dan sariawan. Setelah 2x saya konsultasikan ke dokter, katanya virusnya sudah melemah, tapi knp sampai skrg lutut kiri saya dan ruas jari kiri saya masih sangat nyeri terutama saat bangun tidur. Kira-kira normalnya sampai kpn ya hingga hilang nyerinya? atau ada alternatif suplemen/makanan lain yang bisa saya konsumsi? Minta sarannya ya Dok. Terimakasih.

    1. Banyak banyak makan pisang ambon mbak, karena pisang ambon mengandung kalsium yang sangat di butuhkan oleh persendian kita…

  8. Mau tanya dok… Unur sy 31thn… Sy mengalami rasa sakit di bagian kaki kiri dari pinggul ke bawah… Yg sy rasakan saat ini adalah, sakitnya muncul pada saat awal bangun dan awal duduk, dan rasa sakitnya saling tarik…jika sdh lama berdiri dan duduk rasa sakit tsb hilang… Apa lagi di bawak tidur terlentang, rasa sakitnya hilang… Kira kira apa oenyakit yg sy alami ini.. ? Dan bgmn cara penyembuhannya, sy sdh ke dokter, dokter bilang ngangguan pada syaraf,, bahkan sy sudah meminta bantuan ke pada org ahli pijat ntk di utut, tp hasilnya nihil.. Gmn dokter, bisa ksh saran….??????

    Terimaksh

    1. Coba usahakan minum air putih yang banyak setiap hari, Bisa jadi itu gejala asam urat pak.

  9. Memang sangat bagus…

  10. Dok nama saya imam umur 19 tahun. saya mau tanya juga dok begini kalau saya habis berenang di laut jauh nya sktar 1KM itu lutut sebelah kiri luar sy sllu skit dok skit nya teresa saat smntara berenangnya, sakit nya tuh kadang sakit banget smpai sampai kaki nya tidak bisa bergerak kadang juga sakitnya ya masih bisa di tahan lah tp kalau saya sdah di darat satu jam kmudian sakitnya tuh sdah hilang dok, mau saya lari kah lompat kah tidak terasa skitnya lagi. kalau saya berenangnya tdk jauh ya baik baik saja dok. nah itu karena cara berenang sy yg slah ato mmang ada mslah pada lutut saya saat berenang jauh dok. oh iya cuma lutut kiri sy doang dok yg sllu sperti itu, mohon jawabannya dok ?? terima kasih

    1. Sepertinya ada syaraf yang terjepit, untuk itu sebaiknya anda sesegera mungkin berkonsultasi ke Dokter syaraf terdekat di kota anda dik Imam…

  11. Salam dok, saya yuli usia 23thn bb 52kg dan tinggi badan 155, dok, akhir-akhir ini saya mengalami nyeri lutut dan tulang selangka dada. Ini terjadi ktika saya mengalami haid, namun biasanya nyeri hilang jika haid sudah selesai, tetapi ini sakitnya sudah hmpir dua minggu stlh selesai haid blum reda. Malah semakin sakit saat ditekuk dan tulang selangka dada sakit ktika bgun tidur.

    Iya dok, saya pasien penderita TBC skrg mnjalani pengobat dgn harus minum obat yg saya lihat dosisnya ckup tinggi dan ini sdah berlangsung 2bln. Pertanyaan sya knpa sakit nyeri lutut saya tdk kunjung sembuh mski sya beri obat salep pnghilang nyeri, apa sakit nyeri ini efek dri obat TBC yg saya mnum? Saya hrus bgaimna dok? Terimakasih.

    1. Sepertinya itu akibat penggunaan obat dalam jangka waktu yang lama, Sebaiknya diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium dan melakukan olah raga ringan seperti jalan santai setiap pagi hari..

  12. Sebelumnnya saya memperkenalkan dulu nama saya biant, wanita 24 tahun, 2011 lutut kiri saya pernah kebentur lantai kolam renang, tapi mulai dari itu lutut saya sering sakit saat naik atau turun tangga, itu gimana ya dok?

    1. Saudari bianty usahakan dulu untuk banyak mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi, seperti pisang ambon, namun jika dalam beberapa bulan belum ada perubahan sebaiknya segera memeriksakannya ke Dokter ahli terdekat di kota anda.

  13. Salam dok. Saya asma, umur 63, berat 63, tinggi 148. Mau nanya dok. Betis kaki kanan sblh luar sakit kalau lama berjalan. Lututnya sakit kalau d tekuk. dulu saya sering makai sepatu yg tumitnya tinggi. Tumit saya sering keseleo. Sudah di urut, yg tumit ga pa pa, tapi betis sampai paha sakit sampai skrg. Sudah sering d urut tapi ga da ngaruhnya. Kira2 itu ngaruh karena pengaruh pakai sptu dulu atau ada penyakit lain dok? Dan gmana solusinya. asam urat saya stlah d periksa normal. Makasih dok.

    1. Sepatu hak tinggi dapat menunjang penampilan wanita yang ingin tampil seksi. Tidak dipungkiri sepatu hak tinggi dapat membuat kaki Anda terlihat jenjang sehingga terlihat lebih langsing. Namun, penggunaan sepatu hak tinggi atau high heels yang terlalu lama dapat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan. Berikut dampak negatif dari pemakaian high heels yang terlalu lama:

      1. Bunions
      Bunions adalah kondisi ketika terdapat benjolan abnormal tulang di pangkal jempol kaki. Menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons, penyakit ini seringkali terjadi pada wanita dan disebabkan karena sepatu yang sempit dan berhak tinggi. Bunions menimbulkan rasa luar biasa sakit pada penderitanya dan biasanya hanya bisa diobati melalui operasi.

      2. Nyeri pada Kaki
      Saat berjalan kaki menjadi tumpuan dari seluruh berat tubuh, dan dengan mengenakan high heels maka beban yang diberikan kepada kaki menjadi tujuh kali lebih besar dibandingkan dengan menggunakan sepatu flat. Menurut ahli penyakit kaki Dr. Greene, memakai high heels dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki dan dapat memicu penyakit neuroma yang mengganggu sistem jaringan saraf di kaki.

      3. Nyeri Otot dan Sendi
      Menurut Dr. Greene, tubuh manusia tidak cocok untuk mengenakan high heels setiap hari karena ketinggian sepatu tersebut dapat menyebabkan tegangnya otot pada betis. Selain berpengaruh bagi otot kaki, memakai high heels yang terlalu sering juga dapat menyebabkan nyeri tulang belakang, leher, dan bahu.

      4. Osteoarthritis
      Pada saat berjalan, lutut bekerja lebih keras. Wanita yang memiliki berat badan berlebih bisa terkena osteoarthritis, yaitu munculnya tulang muda baru atau pengapuran. Tulang rawan pada persendian lutut rusak akibat terlalu sering bergesekan dan menopang beban yang berat.

      Tips Mencegah Dampak Negatif Saat Memakai High Heels

      1. Memilih Tingginya High Heels
      Menurut Dr. Greene, mengenakan high heels dengan tinggi lebih dari 5 cm sebaiknya digunakan sesekali, untuk makan malam ataupun acara pernikahan. Sedangkan untuk sehari-hari, pakailah sepatu yang memiliki hak sekitar satu sampai satu setengah inci. Selain itu, sepatu dengan hak berukuran lebar juga lebih bersahabat dengan kesehatan Anda dibandingkan dengan high heels dengan hak runcing yang kurang stabil.

      2. Pijatan
      Setelah selesai memakai high heels dengan hak tinggi dari acara spesial, lepaslah sepatu tersebut lalu berikan pijatan pada kaki Anda. Selain itu, gunakanlah sepatu berbeda setiap harinya agar kaki dan betis Anda tidak bergerak ke posisi yang sama dalam jangka waktu lama.

  14. Dok, kalau keluhan sakit lutut seperti itu saya harus periksa le dokter apa…? Terima kasih dok.

    1. Kedokter Spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi / Sp.OT

  15. Dok, mau tanya ibu sy berumur 50 ke atas, akhir akhir ini dia sering mengalami lututnya sulit untuk diluruskan . itu terjadi kalau ibu saya lama melakukan aktivitas jongkok , atau juga biasa duduk dengan melipatkan kedua kakinya. kira kira itu kenapa yah dok?

    1. Jika sering merasakan nyeri pada lutut ketika bangun dari jongkok atau naik tangga?

      Mungkin Anda menderita osteoarthritis! Osteoarthritis memang tidak sepopuler osteoporosis atau tulang keropos. Namun osteoarthritis merupakan salah satu jenis dari keluarga besar penyakit Arthritis yang paling sering terjadi. Literatur menunjukkan 1 dari 6 populasi menderita penyakit OA ini. Data yang dilansir oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), menyebutkan 40 persen penduduk dunia yang berusia lebih dari 70 tahun akan menderita osteoarthritis lutut. Dari jumlah tersebut, 80 persen di antaranya berdampak pada keterbatasan gerak.

      Osteoarthritis termasuk penyakit nomor 2 setelah penyakit jantung yang mengganggu aktivitas kita.Walaupun tidak menimbulkan kematian tetapi bisa mengganggu aktivitas penderitanya dan menyebabkan gangguan dalam produktivitas karena menyebabkan sendi lutut terasa nyeri, kaku, dan bengkak sehingga seringkali menyebabkan gerak sendi terbatas. Mari kita telusuri lebih lanjut mengenai osteoarthritis (disingkat OA) ini. Apa dan Siapa yang dapat terserang penyakit ini? Osteoarthritis adalah peradangan sendi yang bersifat kronis dan progresif disertai kerusakan tulang rawan sendi berupa disintegrasi (pecah) dan perlunakan progresif permukaan sendi dengan pertumbuhan tulang rawan sendi (osteofit) di tepi tulang.

      Untuk mengetahui gejalanya, harus lewat pemeriksaan laboratorium dan rontgen. Bila ada laju endap darah dan kolesterol meningkat maka dapat diidentifikasi sebagai gejala osteoarthitis sehingga perlu segera diobati. Osteoarthritis adalah suatu penyakit degeneratif. Ini merupakan aging process yang biasanya terjadi pada mereka yang berada di kelompok usia 50 tahun ke atas.

      Namun penyakit ini juga bisa menyerang segala usia, termasuk 300 ribu anak di Amerika Serikat menderita penyakit ini.

      Ada dua macam Osteoarthritis:

      1. Osteoarthritis Primer: dialami setelah usia 45 tahun, sebagai akibat dari proses penuaan alami, tidak diketahui penyebab pastinya, menyerang secara perlahan tapi progresif, dan dapat mengenai lebih dari satu persendian. Biasanya menyerang sendi yang menanggung berat badan seperti lutut dan panggul, bisa juga menyerang punggung, leher, dan jari-jari.

      2. Osteoarthritis Sekunder: dialami sebelum usia 45 tahun, biasanya disebabkan oleh trauma (instabilitas) yang menyebabkan luka pada sendi (misalnya patah tulang atau permukaan sendi tidak sejajar), akibat sendi yang longgar, dan pembedahan pada sendi. Penyebab lainnya adalah faktor genetik dan penyakit metabolik.

      Berikut ini tanda-tanda serangan OA:
      – Persendian terasa kaku dan nyeri apabila digerakkan. Pada mulanya hanya terjadi pada pagi hari, tetapi apabila dibiarkan akan bertambah buruk dan menimbulkan rasa sakit setiap melakukan gerakan tertentu, terutama pada waktu menopang berat badan, namun bisa membaik bila diistirahatkan. Pada beberapa penderita, nyeri sendi dapat timbul setelah istirahat lama, misalnya duduk di kursi atau di jok mobil dalam perjalanan jauh. Terkadang juga dirasakan setelah bangun tidur di pagi hari.
      – Adanya pembengkakan/peradangan pada persendian.
      – Persendian yang sakit berwarna kemerah-merahan.
      – Kelelahan yang menyertai rasa sakit pada persendian.
      – Kesulitan menggunakan persendian.
      – Bunyi pada setiap persendian (crepitus). Gejala ini tidak menimbulkan rasa sakit, hanya rasa tidak nyaman pada setiap persendian (umumnya lutut).
      – Perubahan bentuk tulang. Ini akibat jaringan tulang rawan yang semakin rusak, tulang mulai berubah bentuk dan meradang, menimbulkan rasa sakit yang amat sangat.

      Apa Faktor resiko terjadinya OA?

      – Usia diatas 50 tahun Wanita. Menurut penelitian di Amerika Serikat, OA lebih sering menyerang wanita dibandingkan pria. Ini berhubungan dengan menopause. Pada periode ini, hormon estrogen tidak berfungsi lagi. Sementara salah satu fungsi hormon ini adalah untuk mempertahankan massa tulang. Bentuk tubuh perempuan juga menjadi penyebab mengapa perempuan lebih berisiko mengalami osteoarthritis. Tubuh wanita lebih lebar di bagian pinggul, sementara laki-laki cenderung lurus. Biasanya lemak bertambah di pinggul dan perut ketika perempuan beranjak tua. Ini jelas akan memberikan beban yang lebih besar untuk lutut.
      – Kegemukan
      – Riwayat imobilisasi
      – Riwayat trauma atau radang di persendian sebelumnya Adanya stress pada sendi yang berkepanjangan, misalnya pada olahragawan.
      – Adanya kristal pada cairan sendi atau tulang rawan
      – Densitas tulang yang tinggi Neurophaty perifer Faktor lainnya: ras, keturunan, dan metabolik.

  16. Dok.. Mau tanya suami sy mengalami sakit lutut, urat lututx mengencang klu berjln maupun duduk terasa sakit terlebih klu d bengkokkan, apakah itu benar penyakit asam urat?

    1. Sepertinya itu adalah gejala asam urat bu Emma

  17. Selamat pagi dok …saya umur 33 tahun tinggi 172 cm ..dok saya mau tanya saya pernah jatuh dan tertindis motor di kaki sebelah kanan saya dok dan setelah saya urut sembuh dok tapi sudah 4 bulan berikut kaki saya menjadi bengkak dan hanya bisa di tekuk saja dok tidak bisa di kasi lurus lagi dok .terimakasih dok .

  18. Salam Dok , saya Edy Umur 18. Tahun tinggi 172 cm , Saya mau tanya bdok , di kaki saya tepatnya sendi bagian kanan apabila di luruskan dana di tekukkan terasa nyeri sekali dok , kira2 itu gejala apa dok , terima kasih dok

  19. Salam dok, saya Ida usia 20 thn. Sudah lama lutu kanan saya sering nyeri seperti keseleo tapi krn sakitnya hilang sendiri saya tidak periksa kan. Selain itu lutut saya berbunyi seperti “krekk” gitu setiap merubah posisi, dri duduk ke berdiri atau sebalikmya tapi tanpa rasa nyeri. Itu kenapa ya dok? Apakah parah? Adakah alternatif utk mengatasinya? Mohon informasinya dok

    1. Salam saudari Tri,
      Saran saya perbanyak konsumsi makanan berkalsium tinggi seperti buah pisang ambon dan sejenisnya…

  20. Salam dok, umur saya 20thn, tinggi saya 162, bb 58 (lg program diet). Dok, saya punya keluhan di lutut saya sebelah kiri bagian luar. Riwayatnya kaki saya, klo bangun setelah duduk itu pasti bunyi “TEK”
    dan kemarin malam saya terbangun untk membuka pintu, pas saya jalan lansung pincang dan sakit, lutut sebelah kiri ini juga tdk bisa diluruskan. Saya sudh periksa, katanya kurang kalsium. Apakah benar dok, kalau kurang kalsium sprti ini lutut smpai ssah dan sakit di tekut dan tdk bisa lurus? Dan boleh kah saya pijat lutut, siapa tau saya keseleo saja? Mohon bantuannya dok. Terima kasih 🙂

  21. Lutut saya agak sakit ketika ditekuk dan diluruskan, ketika naik tangga seperti ada yang ngeganjal, otot paha hilang dan tidak ada tenaga ketika berlari, bagaimana solusi nya dok ?

  22. Salam dok, saya usia 20 thn sejak kecil lutut saya selalu nyeri jika saya terlalu banyak berjalan tapi jika saya tidak berjalan pun kadang nyeri itu juga datang. Dan tulang pada tangan saya pun begitu terasa seperti ngilu dan pegal padahal saya tidak sedang melakukan aktifitas apapun Kira2 penyakit apa yg ada di tulang saya ini. Trmksh dok

    1. Segera kunjungi dokter tulang terdekat di kota anda saudari Friska untuk mengetahui secara langsung penyebab semua itu..

  23. Dok mau nanya
    Saya nabilla umur 19 thn tinggi 165 dan berat badan 59 kg
    Lutut saya sebelah kanan ketika diluruskan kembali setelah ditekukkan walaupun sebentar dan semakin lama ditekukkan akan semakin sakit ketika di luruskan ,, puncak sakitnya itu ketika bangun tidur ,lutut saya serasa sakit sekali, mohon jawabannya itu kenapa ya dok??

  24. Dok. Saya uun fitriah umur 21 th
    Lutut kanan saya sering kali sakit ketika duduk dan kakinya ditekut sila ataupun seperti menekuk duduk.
    Dan itu dalam jangka waktu 10 menit ditekut langsung sakit bahkan saat diluruskan sakitnya sangat nyeri sekali.
    Itu mengapa ya dok dan hanya kaki kanan saja.?

  25. Dokter, mau nanya yaa. Anak saya laki laki umur 17 thn, tiba tiba saja kedua kakinya tidak bisa jongkok, apabila dipaksakan jongkok, kedua kakinya serasa tidak bertenaga dan akan langsung gemetar. Tetapi utk berjalan, renang dan naik tangga tidak ada masalah, tidak sakit sama sekali, hanya jongkok dan squat yang tidak bisa dilakukannya. Kira kira apa pemyebabnya ya dok ? Bila harus ke dokter,,dokter spesialis tulang atau syaraf yg harus dikunjungi ? Mohon sarannya yaa. Thanks utk advisenya.

  26. dok dengkul sya sakit udah 2 minggu ini sblm sakit sya smpet jatuh dan dengkul kanan ny untuk menahan .
    apa ini ngaruh dok .
    smpai skrng msih terasa nyeri .
    bangun tdur pu kaku di bwa jalan sakit jdi stngh pincang jlan ny dok.
    tpi klau bnyak jlan gpp donk.
    tpi nanti pas duduk lagi di bwa jlan kaku lgi .
    apa yg hrus sga lakukan donk.
    brat bda sya 80 kg tinggi 155.
    apa ngruh juga sma berat bdan yh dok.

    trimaksih

  27. Dok saya umur 21 saya hampir setiap hari biduren
    Mohon konsul nya dokter

  28. Dok, apakah sakit OA itu menyebabkan lutut jd cekung ke dlm? Alias jd kyk kepong. Misalkan dilutu kiri jd ada bagian kepong ke dlm disudut kirinya. Dan untuk lutut kanan jd ada bagian kepongnua di bagian sudut kanannya? Sy sudah dikasih dikasih suntikan steroid dia daerah betis sy karanya sy sakit broniaitis. Tp memang ada sakit OA nya jg. Tp yg sy heran knp dokter sy blm memberikan pelumas untuk lutut sy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home|Privacy Policy|Peta|
Copyright © 2017 Pusat Informasi CamSh.Com
Pusat Informasi
error: Content is protected !!