Sel Darah Putih Tinggi

Sel Darah Putih Tinggi * Sel darah putih adalah salah satu komponen vital darah. Peran mereka adalah untuk melawan infeksi, dan itu sangat penting untuk kesehatan dan ketahanan pada tubuh manusia. Namun jika seseorang memiliki jumlah Sel Darah Putih Tinggi, ini mungkin menunjukkan bahwa mereka memiliki infeksi dan sistem kekebalan tubuh sedang bekerja untuk menghancurkannya. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut mengalami stres fisik atau emosional. Orang dengan kanker darah mungkin juga memiliki jumlah sel darah putih yang tinggi.

Foto Sel Darah Putih Tinggi

Namun jumlah sel darah putih yang rendah bisa menandakan bahwa ada sesuatu yang menghancurkan sel lebih cepat daripada yang dibuat, atau tubuh memproduksi terlalu sedikit dari kebutuhan akan sel darah putih yang normal.

Sel darah putih menyumbang sekitar 1 persen dari total sel darah pada tubuh manusia, dan ini penting untuk fungsi kekebalan tubuh normal. Sel darah putih juga dikenal sebagai leukosit.

Sel darah putih memiliki fungsi yang sangat penting dalam melindungi tubuh dari serangan berbagai macam bakteri, virus, atau zat asing lainnya yang tubuh lihat sebagai ancaman. Sel darah putih terus diproduksi di sumsum tulang dan tetap siap di dalam sistem darah dan limfatik sampai mereka dibutuhkan.

Jumlah dan Jenis Sel Darah Putih
Kebanyakan orang akan memproduksi sel darah putih sekitar 100 miliar per hari. Tingkat batasan normalnya antara 4.000 dan 11.000 sel per mikroliter darah, meskipun hal ini dapat bervariasi sesuai dengan ras seseorang.
Gambar Jenis Sel Darah Putih

Ada beberapa jenis sel darah putih, masing-masing memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda:

  • Limfosit sangat penting untuk menghasilkan antibodi yang membantu tubuh mempertahankan diri terhadap bakteri, virus, dan ancaman lain yang dirasakan
    Neutrofil adalah sel darah putih yang kuat yang menghancurkan bakteri dan jamur.
  • Basofil mengingatkan tubuh akan infeksi dengan mensekresikan bahan kimia ke dalam aliran darah, terutama untuk melawan alergi.
  • Eosinofil bertanggung jawab untuk menghancurkan parasit dan sel kanker, dan ini adalah bagian dari respons alergi.
  • Monosit bertanggung jawab untuk menyerang dan menghancurkan kuman atau bakteri yang masuk ke tubuh seseorang.
  • Neutrofil adalah untuk menghancurkan dan membuang zat-zat asing. Neutrofil akan mengelilingi benda asing dan mencerna dengan enzim. Neutrofil membuat sekitar 60 persen dari semua sel darah putih, atau leukosit.

Bila dibutuhkan, monosit melakukan perjalanan ke organ lain, seperti limpa, hati, paru-paru, dan sumsum tulang, di mana mereka berubah menjadi sel yang disebut makrofag. Makrofag bertanggung jawab atas banyak fungsi seluler, termasuk menghilangkan jaringan yang mati atau rusak, menghancurkan sel kanker, dan mengatur respons kekebalan tubuh.

Penyebab tingginya Kadar Sel Darah Putih
Peningkatan sel darah putih dikenal sebagai leukositosis. Ini biasanya terjadi sebagai respons terhadap kondisi berikut:

  • Infeksi
  • Imunosupresi
  • Obat seperti kortikosteroid
  • Sumsum tulang atau gangguan kekebalan tubuh
  • Kanker tertentu seperti leukemia limfositik akut atau kronis
  • Peradangan seperti yang dialami rheumatoid arthritis
  • Cedera
  • Tekanan emosional
  • Kerja terlalu berat
  • Kehamilan
  • Merokok
  • Reaksi alergi
  • Berlebihan berolahraga

Penyakit pernapasan tertentu, seperti batuk rejan atau tuberkulosis dapat menyebabkan kadar sel darah putih meningkat. Dalam beberapa kasus, semua sel darah putih terpengaruh. Namun, beberapa orang memiliki penyakit tertentu dimana hanya satu jenis sel darah putih yang terkena.

Penyebab jika hanya satu jenis sel darah putih tertentu yang naik, ini mungkin disebabkan oleh pemicu tertentu seperti berikut:

* Monosit: Jika seseorang memiliki tingkat monosit yang tinggi, ini mungkin mengindikasikan adanya infeksi kronis, kelainan autoimun atau darah, kanker, atau kondisi medis lainnya.
* Limfosit: Jika terjadi elevasi pada limfosit saja, kondisinya dikenal sebagai leukositosis limfositik. Ini bisa terjadi akibat virus, atau infeksi seperti tuberkulosis. Ini mungkin juga terkait dengan limfoma dan leukemia.
* Neutrofil: Jika seseorang memiliki tingkat neutrofil yang tinggi di tubuh mereka, kelainan ini dikenal sebagai leukositosis neutrofil. Kondisi ini merupakan respon fisik yang normal terhadap suatu kejadian, seperti infeksi, luka, radang, beberapa obat, dan beberapa jenis leukemia.
* Basofil: Peningkatan kadar basofil dapat terjadi pada orang dengan riwayat penyakit tiroid yang kurang aktif, yang dikenal sebagai hipotiroidisme, atau dalam kondisi medis tertentu.
* Eosinofil: Jika seseorang memiliki kadar eosinofil tinggi, bisa jadi tubuh bereaksi terhadap parasit atau infeksi lain, alergen, atau asma.

Terkadang, tidak ada penyebab penyebab peningkatan sel darah putih. Ini dikenal sebagai sindrom hypereosinophilic idiopatik. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti kerusakan jantung, paru-paru, hati, kulit, dan sistem saraf.

Penyebab rendahnya sel darah putih
Jika kadar sel darah putih lebih rendah dari biasanya, ini mungkin pertanda bahwa orang tersebut memiliki sistem kekebalan yang lemah, karena misalnya HIV atau AIDS. Kekurangan inilah yang menjadi penyebab mengapa orang dengan penyakit HIV atau AIDS lebih rentan terhadap infeksi.

Produksi sel darah abnormal juga merupakan ciri kanker, seperti leukemia dan limfoma.

Sejumlah kondisi, yang secara kolektif dikenal sebagai kelainan myeloproliferative, bisa terjadi di sumsum tulang. Ini berkembang ketika terlalu banyak sel darah matang diproduksi, menyebabkan ketidakseimbangan.

Tanda, gejala, dan komplikasi
Jika jumlah sel darah putih terlalu tinggi ini bisa mengindikasikan bahwa ada masalah seperti kanker atau infeksi. Tes darah dapat digunakan untuk menilai jumlah sel darah putih, dan tes lainnya akan diperlukan untuk menentukan penyebab pasti masalah ini.

Cara pengobatan untuk mengatasi kelebihan sel darah putih:
Untuk mengetahui penyebab dari kelainan sel darah putih yang dialami sebaiknya dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan darah, fisik, rontgen dan pemeriksaan lain yang dianjurkan oleh dokter. Jika sudah ditemukan penyebabnya maka dapat dilakukan pengobatan sesuai dengan penyebabnya. Namun untuk sedini mungkin mencegah sesuatu yang lebih buruk terhadap penderita Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini:

* Hindari bermain di tempat-tempat kotor.
* Konsumsi air putih yang cukup.
* Memberi waktu pada penderita cukup istirahat minimal 10-12 jam per hari.
* Memberi asupan nutrisi dan vitamin yang cukup.
* Menjaga kebersihan lingkungan baik lingkungan bermain dan rumah.
* Jangan mendekatkan penderita dengan orang yang sedang sakit.

Asupan Makanan, Minuman dan Buah Untuk Mencegah Jumlah Sel Darah Putih Yang Tinggi:
* Konsumsilah teh hijau secara rutin.
* Hindari melakukan kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol.
* Hindari makanan cepat saji karena di khaatirkan banyak mengandung berbagai tambahan makanan.
* Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori, lemak kalori dan gula.
* Perbanyak mengkonsumsi sayuran, seperti : Brokoli, Kembang kol, Kubis, Wortel dan Paprika.
* Lakukan beberapa jenis olahragasecara rutin supaya membantu tubuh dalam menurunkan sel darah putih.
* Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, lemon, strawberry, semangka dan kiwi.
* Konsumsi bebrapa rempah-rempah dalam makanan seperti : bawang putih, Kedelai, Minyak zaitun dan Cuka.
* Tingkatkan dalam mengkonsumsi makann yang mengandung antioksidan, seperti : Makanan mengandung kalsium, Minyak ikan, Minyak salmon, Vitamin C dan Vitamin E.

Baca Juga: Pengobatan Asam Urat

Namun jika semua tips dan saran cara mengatasi kelebihan sel darah putih diatas belum memberikan hasil yang terbaik, Penulis anjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke Dokter terdekat di Kota Anda. Sebab jangan sampai terlambat untuk segera mengobatinya. Salam sehat

Updated: February 5, 2018 — 4:00 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home|Privacy Policy|Peta|
Copyright © 2018 Pusat Informasi CamSh.Com
Pusat Informasi
error: Content is protected !!